senakel

TOKO BUKU & BENDA ROHANI KRISTEN KATHOLIK ONLINE BERDISKON
pay Book(s) Search  
 
 
home products about us readers' club resensi testimonial faq contact us
 
 
 TOKO BUKU & BENDA ROHANI KRISTEN KATHOLIK ONLINE BERDISKON
 ZIARAH BATIN 2013
 DISC 30 % (25 BUKU), 25% (10 BUKU), 20% (6 BUKU)
 SENAKEL@SENAKEL.COM
 utk menerima info buku join di senakel-subscribe@yahoogroups.com
 Enjoy the best books we ever sells read more
 
 
   
READERS' CLUB
   
 
Email address:

Password:

. forgot password?
. new member
     
LATEST NEWS
     
   
     
CATEGORY
     
 
. BUKU
. Teks Kitab Suci
. Tafsir / Referensi
. Ajaran Kristiani / Teologi
. Keluarga Krisitani
. Katekese TK / Pendidikan Agama
. Katekese Umum
. Katekese SD / Pendidikan Agama
. Katekese SLTP / Pendidikan Agama
. Katekese SLTA / Pendidikan Agama
. Liturgi
. Doa
. Renungan
. Bacaan Rohani (Spiritualitas)
. Sejarah Gereja
. Riwayat Hidup Orang Suci
. Pembangunan Jemaat
. Scott Hahn
. Maria
. Rosario
. Tempat Ziarah
. Serianl Franklin Kura Kura ( untuk anak)
. Rm. FX. Didik Bagiyowinadi,Pr
. Novel - Thriller - Fiksi Rohani
. Api Penyucian
. Meditasi
. Anekdot Ala Alkitab
. Keagamaan
. Buku Promo
. BENDA ROHANI
. SEMINAR
. Medali
. Lagu Rohani
. PAKET PROMOSI
. Sub Kategori Paket Promosi
. MAJALAH
. Ave Maria
 
     
TESTIMONIAL
     
 

Pesanan sudah diterima, terima kasih! Praktis sekali belanja buku di Senakel. Respons dan pengiriman cepat. Sangat membantu untuk pemesanan buku rohani.
MONIKA, JAKARTA

 
     
 

Mudah Memesan di Senakel.com. Jalanan sudah ribet dan macet, waktu mepet. Kadang tak sempat melihat-lihat.Thansk SENAKEL.com sudah membantu menyedikan buku Scott Hans sehingga tidak usah repot repot mencari kesana kemari. Senang juga bisa menikmat discount buku Ziarah Batinnya, lumayan jadi Free Ongkos Kirim, hehehhe... sukses dan maju terus yach.
MARIA BUDIMAN - TANGERANG

... read more testimonials!
 
     
ROMO SUMARYA
     
 

2.6.2013
THE ENCOUNTER - (CHRISTIAN MOVIE)
Film yang menarik untuk ditonton, sebuah film yang di release tahun 2010 .

26.4.2013
EWTN LIVE: DR. SCOTT HAHN - SIGNS OF LIFE
Fr. Mitch talks with Dr. Scott Hahn about his newest book, Signs of Life: 40 Catholic Customs and Their Biblical Roots.

... read other article!

 
NEW BOOKS
     
 
Items
WELCOME HOME

Di samping YOUCAT-Katekismus Populer yg laris membantu OMK, kini ada buku yg baru terbit dan langsung menarik mata saya di rak toko buku. Judulnya: "Welcome Home - Kisah "Domba-Domba hilang" yang kembali ke pangkuan Gereja Katolik. Terbitan Dioma Publising Malang, cetakan I, Mei 2013, berisi sharing suka duka hidup yg sarat teologi apologetika yg jernih dan jujur dari 11 orang Amerika yag pernah mantan Katolik, yang setelah mengembara ke aneka aliran spiritual dan pencarian diri, kebenaran, mengalami kedosaan dan derita, akhirnya kembali ke Gereja Katolik dengan semangat yang sama sekali baru plus syukur yg meluap melebihi sebelumnya.

  Items
CATATAN DARI PENULIS NOVEL GADIS PENCARI TUHAN, KISAH NYATA MANTAN BIARAWATI.

Perjalanan panjang untuk mewujudkan cita-cita sang gadis pencari tuhan yang ingin menjadi misionaris ternyata sangat berbeda dengan apa yang terjadi setelah Theresia, sang tokoh utama, bertemu dengan Little Essie, her soul, yang memanggil-manggilnya untuk menyembuhkan trauma di masa kanak-kanak. Perjalanan hidup membiara berubah menjadi perjalanan menembus malam-malam gelap jiwa pulang ke masa kecil. Jarak antara Bandung, New York, Jepang bahkan Timor Timur bukan apa-apa dibandingkan perjalanan panjang ke masa lalu.

  Items
KISAH PENCULIKAN PASTOR DAN DOKTER

Beberapa bulan yang lalu saya didatangi oleh seseorang yang katanya berasal dari Sulawesi Tengah. Saya baru kenal saat itu, sebelumnya tidak. Beliau datang bersama seorang konfrater saya yang sudah cukup lama bertugas di Sulawesi. Mereka datang untuk memintaku agar mau menceriterakan kejadian penculikan yang kualami bersama seorang dokter yang bertugas di daerah tersebut beberapa puluh tahun silam. ”Ah, apalagi yang masih kuingat karena pengalaman itu terjadi sudah begitu sangat lama?” Namun karena ikatan emosional dengan kisah itu, akhirnya saya memutuskan untuk mencari penggalan catatan-catatan yang pernah kubuat dan kusimpan rapih di lemari kerjaku. Nah, itulah awal mula mengapa saya menceriterakan kembali peristiwa tersebut. Waktu itu tahun 1949 sebagai orang muda saya diutus sebagai misionaris ke suatu daerah di Sulawesi Utara yang amat cantik dan indah seperti surga layaknya, yakni Minahasa. Seperti namanya yang cantik, Minahasa saya kira hingga kini pun masih tetap cantik. Apalagi kalau kuingat keramahan penduduk Minahasa yang bisa meluluhkan hati setiap orang yang mengunjunginya. Di daerah ini saya bertugas untuk beberapa tahun.

  Items
PLAN TO SOLVE THE CLIMATE CRISIS

Isinya tentang apa buku ini? Buku ini mengemukakan bahaya bagi kemanusiaan yang disebabkan oleh karena emisi karbon dan melukiskan dampaknya bagi kemanusiaan, dan sekaligus menawarkan solusi yang harus diambil untuk mengatasi krisis iklim yang melanda dunia. Separuh dari buku ini secara sistematik meletakkan dasar masalah yang kita (makhluk hidup di muka bumi) hadapi (yang merupakan ringkasan dari buku Al Gore "Inconvenient Truth", yang terbit sebelumnya). Gagasan solutif yang ditawarkan Al Gore berakar pada persoalan-persoalan yang berkaitan erat dengan sektor industri: enerji, pabrik, transportasi, peternakan/pertanian, perumahan; dan penulis mengajak kita semua untuk menanggalkan pilihan solusi lain, seperti: enerji matahari, angin, panas bumi, nuklir, pemakaian karbon.

 
 
Items
KARENA CINTA AKU HIDUP

Vero, seorang istri yang ingin sekali memiliki anak. Tuhan mengabulkan doanya. Ia boleh mengandung dan siap melahirkan anak 12 hari lagi. Apa daya, di saat itu, dicurigai penyakit stroke ke-3 nya kumat. Kali ini bukan saja membuat kandungannya harus direlakan hilang, tetapi juga Vero harus bergelut melawan maut. Sekitar 1 bulan tubuhnya harus terbaring koma di ruang ICU St. Borromeus, Bandung. Dalam kondisi yang tidak menentu tersebut, Yan sang suami sempat mengalami dilema. Apa yang harus dilakukan? Kesedihan kehilangan calon anak dan sakit Vero yang saat itu kian parah membuatnya menjadi serba salah. Apalagi saat itu sang jasad jabang bayi masih ada di dalam kandungan. Bagaimana mungkin mengeluarkannya sementara sang Ibu masih belum sadar juga? Kalau dikeluarkan pun pasti tidak akan utuh. Apakah cinta Yan pada Vero akan luntur?

  Items
JALAN SALIB ALA ST. JOSEMARIA ESCRIVA

Dalam upaya mengenangkan sengsara Kristus untuk lebih menghayati sengsara yang diderita-Nya, banyak umat Katolik melakukan ibadat Jalan Salib. Melalui ulah kesalehan ini mereka bergerak mengikuti saat-saat akhir perjalanan hidup Kristus di dunia dari Getsemani hingga Kalvari dan berakhir pada pemakaman-Nya. Begitu besar devosi mereka akan Sengsara Kristus, sehingga setiap gereja dan tempat-tempat ziarah selalu dibuat stasi-stasi perhentian untuk Jalan Salib. Jalan Salib yang terdiri dari 14 stasi seperti kita kenal sekarang disebarluaskan oleh St. Leonardo dari Mauritio dan disahkan oleh Tahta Apostolik dan beroleh indulgensi, sejak Abad ke-17. Dengan Jalan Salib kita membangkitkan kenangan yang hidup akan kisah sengsara Kristus di saat-saat terakhir hidupnya. Namun dengan ulah kesalehan ini umat beriman berada dalam harapan akan kebangkian dalam iman, harapan dan kasih. Ada begitu banyak teks untuk perayaan Jalan Salib yang dapat kita temui saat ini. Semuanya merupakan metode-metode yang bisa saling melengkapi. Dari doa Jalan Salib Singkat hingga yang cukup panjang. Termasuk diantaranya adalah yang ditulis oleh Santo Josemaria Escriva ini. Inti hidup seorang Kristiani adalah mengikuti Kristus, demikian nasihat yang disampaikan oleh penulis buku ini. Kita harus mendampingi-Nya sebegitu dekat, sehingga kita seperti tinggal bersama-Nya. Perihal Jalan Salib, ia mengatakan, “Masuklah ke dalam luka-luka Kristus yang tersalib.” St. Josemaria Escriva, sang pendiri Opus Dei ini juga kerapkali menyarankan orang untuk membaca buku tentang Sengsara Tuhan Yesus.

  Items
MEMANDANG DALAM KUASA CINTA

Dalam sejarah hidup rohani manusia, kerinduan terdalam dan tertinggi adalah “memandang Allah”. Oleh karena itu St. Agustinus menyebut manusia sebagai Cor Inquetum, hati yang selalu mencari untuk memandang Allah. Namun mampukah manusia memandang Allah? Mampukah manusia menanggung dasyatnya kemuliaan wajah Allah? “Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup (Kel 33:20), demikian dikatakan-Nya kepada Musa. Manusia tidak dapat memandang Allah dalam hakikatnya (secara utuh dan penuh), jika demikian ia akan mati.Namun kenyataan tersebut tidak memudarkan kerinduan manusia untuk menatap-Nya. Mereka berdoa terus menerus dalam kuasa cinta hingga apa yang dirindukannya dapat terwujud. Mereka menyebutnya dengan kontemplasi. Dalam doa kontempatif Meditasi Kristiani, mereka belajar untuk membuka mata batinnya untuk memandang-Nya dalam cinta, karena cintalah sang penggerak sekaligus buah dari kontemplasi. Dan menariknya hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja yang menaruh cinta yang mendalam kepada Tuhannya

  Items
MALAIKATKU, GURUKU!

Menjadi guru adalah suatu panggilan. Benarkah? Padahal Yesus tidak pernah memanggil kita menjadi seorang guru, melainkan menjadi murid-Nya. Demikian salah satu permenungan yang diangkat Pastor A. Mintara Sufiyanta SJ dalam buku pertama seri Spiritualitas Guru Kristiani berjudul Roh Sang Guru (OBOR, 2009). Satu tahun kemudian terbit buku keduanya yang merupakan kolaborasi bersama Yulia Sri Prihartini, mengali lebih dalam spriritualitas tersebut dengan berbagai sharing di dalamnya dan berjudul, Sang Guru Sang Peziarah (OBOR, 2010). Dan diawal bulan Mei ini, buku ketiganya terbit dengan judul Guruku Malaikat Jiwaku (OBOR, Mei 2011). Apakah sang penulis ingin mengangkat martabat para guru setingkat dengan malaikat?

 
 
Items
MENJADI KUDUS MELALUI PEKERJAAN SEHARI-HARI

Ketekunan hati yang tidak dapat digoyangkan oleh apa pun, engkau memerlukannya. Mohonlah kepada Allah dan lakukan apa yang dapat engkau lakukan untuk memperolehnya. Sebab ketekunan hati itu adalah alat pelindung yang penting sekali agar engkau tidak menyimpang dari jalan yang penuh kesuburan yang telah mulai kau rintis. (990)

  Items
MENJADI KUDUS MELALUI PEKERJAAN SEHARI-HARI

Ketekunan hati yang tidak dapat digoyangkan oleh apa pun, engkau memerlukannya. Mohonlah kepada Allah dan lakukan apa yang dapat engkau lakukan untuk memperolehnya. Sebab ketekunan hati itu adalah alat pelindung yang penting sekali agar engkau tidak menyimpang dari jalan yang penuh kesuburan yang telah mulai kau rintis. (990)

  Items
PERDEBATAN DI KERETA

Suatu pagi yang dingin saya pergi dengan kereta menuju Bandara Schipold-Belanda. Di stasiun Utrech, seorang bapak, kira-kira berumur 65 tahin, masuk ke dalam kereta api. Saya membantu bapak itu mengangkat tiga koper yang beratnya setengah mati. Dia mengatakan bahwa ia akan pergi ke Kalkuta-untuk menjadi seorang misionaris di sana untuk membantu karya-karya amal bakti yang telah dimulai Ibu Teresa.Saya bertanya,

  Items
P GABRIEL AMORTH: PAKAR EKSORSISME GEREJA KATOLIK

Pastor Gabriele Amorth membagikan pengalamannya dalam sebuah buku yang menjadi best seller, dan yang telah dicetak ulang 17 kali di Italia, An Exorcist Tells His Story dan juga An Exorcist: More Stories. Kutipan berikut diambil dari buku An Exorcist Tells His Story: Sekarang kita akan melanjutkan dengan Kristus, pusat dari alam semesta. Segala sesuatu diciptakan bagi-Nya dan demi Kedatangan-Nya, baik di surga (para malaikat) dan di bumi (dunia yang nyata, terutama manusia). Sungguh amat menyenangkan berbicara mengenai Kristus saja, tetapi hal itu tidak akan selaras dengan segala pengajaran dan karya-Nya, dan kita tidak akan pernah mampu memahami-Nya. Kitab Suci berbicara kepada kita mengenai Kerajaan Allah, namun juga mengenai kerajaan setan; mengenai kuasa Allah, Pencipta dan Tuhan semesta alam, namun juga mengenai kuasa kegelapan; mengenai anak-anak Allah, namun juga anak-anak setan. Mustahil memahami karya keselamatan oleh Kristus jika kita mengabaikan karya kebinasaan oleh setan.

 
 
Items
KESAKSIAN PENGHARAPAN

di Bab 13 – Berdoa Pada Allah. Ada suatu periode yang panjang dalam kehidupan saya dimana saya menderita karena tidak dapat berdoa. Saya mengalami kelelalah fisik danmental yang sangat parah. Banyak kali saya berseru seperti Yesus di salib, “Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?” Namu demikian, saya tahu Allah tidak meninggalkan aku.Beberapa orang anggota polisi yang telah belajar bahasa latin untuk mempelajari document gereja meminta saya untuk mengajarkan lagu bahasa latin. Maka saya menyanyikan lagu Ave Maris Stella, Salve AMter, Veni Creator…dan ia memilih Veni Creator!Saya tentu tidak akan percaya bahwa polisi ateis akan menghafal syair dengan sungguh sungguh dan menyanyikan setiap pagi pk 7.00. Pada awalnya saya kaget kemudian saya sadar bahwa Roh Kudus sedang mengunakan polisi komunis ini untk berdoa mewakili seorang uskupyang dipenjarakan.

  Items
KUMPULAN TESTIMONI BUKU SURAT CINTA BUAT GEMBALA

Buku ini sangat menyentuh hati karena tiga hal. Pertama, mengungkapkan isi hati umat dalam relasinya dengan imam sebagai “gembala”. Kedua, ternyata dalam ungkapan-ungkapan yang dikatakan dalam buku ini, umat sebagai “domba” sangat mencintai dan mendukung imam-imam sebagai “gembala” dalam karya pelayanan. Ketiga, tentu saja buku ini sangat membesarkan hati para imam dala panggilan hidup sebagai imam. Terimakasih kepada umat yang mendukung dan mendoakan kami para imam. (Ignatius Tari, MSF. Ketua Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta)

  Items
MISTERI TUJUH SABDA

Suatu hal yang menarik, ternyata tujuh sabda diucapkan Yesus pada saat penderitaannya di Kalvari memiliki hubungan erat dengan tujuh perkataan Bunda-Nya yang tercatat dalam Kitab Suci. Masing-masing sabda itu berhubungan dengan jawabannya. Itulah yang akan dibahas dalam buku, permenungan 7 sabda Yesus dari Salib dan tujuh sabda kehidupan Maria. Buku yang ditulis oleh Uskup Agung Fulton J. Sheen (alm). Dengan gaya sederhananya, ia secara kronologis membandingkan ketujuh sabda Yesus yang terakhir dan ketujuh ungkapan iman Maria. Ia menafsirkan hubungan antara tujuh ucapan Maria yang tertulis dalam Injil dan tujuh sabda yang diucapkan Yesus menjelang wafat-Nya.Buku ini dibagi menjadi tujuh bab, dan setiap bab mengurai sabda-sabda tersebut.

  Items
IMAM & USKUPNYA

Seorang imam melaksanakan tugas perutusannya dalam kebersamaan dengan Uskupnya dalam satu imamat dan satu pelayanan Kristus. Ia ambil bagian dalam Imamat Uskupnya, yang diterimanya melalui Sakramen Tahbisan dan perutusan kanonik. Maka, tanpa kebersamaan dengan Uskupnya, seorang imam tidak mampu menunaikan tugas perutusannya secara memadai .Dalam kenyataan sehari-hari, tak sedikit kesalahpahaman (bahkan ada beberapa yang berbuntut pada perseteruan ) terjadi dalam relasi antara imam dengan Uskupnya. Kesalah-pahaman sekecil apapun harus segera dicarikan penyelesaiannya, sedini mungkin, agar tak tercipta ketegangan berkepanjangan, yang seringkali berbuntut pada sikap saling menyalahkan. Dalam situasi seperti itu, dibutuhkan jembatan komunikasi , yang merekatkan kembali kebersamaan mereka dalam satu tugas perutusan yang sama, di mana yang satu tetap membutuhkan yang lain bagi terwujudnya satu imamat dan satu pelayanan Kristus.

 
 
Items
JAWABAN KECIL UNTUK SEBUAH PERTANYAAN BESAR

“Pastor, mana lagu-lagu khas katolik yang boleh kami dapatkan dalam rupa CD, Kaset ataupun semacamnya?” tanya seorang pemuda kepadaku dengan serius pada suatu kesempatan bertemu. Saya tidak langsung menjawab dan bahkan tidak mampu menjawab karena sadar betul betapa kurangnya alat-alat bantu rohani seperti itu. Dengan sambil lalu aku bergumam, “Tunggu saja suatu saat akan datang!” Dan penantian itu akan terjawab. CD CANTATE yang berisikan lagu-lagu misa dengan tiga tema lagu misa berbahasa Latin (Misa St. Yosep, Misa St. Maria, dan Misa Capranica) sudah hadir di Keuskupan Manado dan akan segera hadir di Jakarta dalam waktu dekat. Mengapa CD CANTATE berani dibuat oleh Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Manado? Ada beberapa alasan yang pantas kami kemukakan:

  Items
MENYONGSONG PERNIKAHAN

Ada pertanyaan menarik dari seorang romo. Sebagai orang Katolik, apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk menyongsong hari bahagia, hari perkawinan? Banyak jawaban yang terlontar, antara lain: Kursus Perkawinan, Penyelidikan Kanonik, Pengumuman di gereja, Gereja tempat untuk menikah, Pastornya siapa, lalu bias juga diusahakan buku misa yang di desain khusus. Dan jika mereka mampu, maka mereka juga akan menyiapkan daftar undangan dan undangan yang lux, resepsi di gedung mana, catering dan lain sebagainya. Apa hanya itu saja? Apa yang dikemukakan diatas tidak salah. Namun jika kita menyimak baik-baik, ternyata yang dikemukan diatas itu adalah persiapan lahiriah saja. Masih ada yang kerapkali kita persiapkan. Yaitu persiapan batin. Apakah itu perlu? Sangat perlu.

  Items
LEBIH DEKAT MENGENAL BEEK

GAJAH mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Beek tidak hanya meninggalkan nama, tetapi juga gagasan. Beek yang selama hidup tidak suka difoto atau dituliskan namanya adalah pribadi unik. Dalam suatu kesempatan, ia pernah berujar, “Di dunia ini jangan bikin monumen, nanti kamu akan kesulitan kalau mau mati.” Banyak kontroversi di seputar kehidupan Pater Beek, namun dalam buku ini penulis berusaha tidak berpihak, faktual, menghindari sudut pandang simpatik ataupun sudut pandang jurnalisme advokasi. Penulis juga menghindari penyampaian informasi spekulatif. Biografi yang terdiri dari 10 bab ini, dimulai dari tanah kelahirannya. Josephus Gerardus Beck lahir di Amsterdam, 12 Maret 1917.. Penulis melukiskan latar belakang budaya kota kelahirannya, serta pergolakan yang terjadi di negara tersebut pada masa itu. Dengan demikian, kita akan mudah memahami ciri khas karakternya yang terus terang dan blak-blakan, berpendirian teguh bahkan seringkali terkesan angkuh. Bab 1 menjelaskan perjalanan hidupnya hingga menjadi siswa Kolese Ignatius.

  Items
MENELITI PENGALAMAN MISTIS

SUSTER Yohanes dan Salib menghadapi situasi sulit. Visiun atau penglihatan yang ia alami selama ini mengakibatkan sakit kepala yang cukup parah. Awalnya, ia menganggap rasa sakit itu sebagai suatu penderitaan yang harus ia terima karena kasih Allah. Namun, pada akhimya, penyakit yang kerap membuatnya kejang-kejang itu ia konsultasikan pada seorang ahli saraf. Maka, terungkaplah sebuah kebenaran. Ia menderita epilepsi lobus temporal (temporal-lobe epilepsy/TLE) akibat tumor kecil di bagian atas telinga kanannya.Ia pun diberitahu bahwa Rasul Paulus dan pendiri Ordo Karmelit St Theresia dan Avila, kemungkinan besar penderita TLE. Setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor, Suster Yohanes tidak pernah mendapatkan penampakan-penampakan lagi. Apakah epilepsi merupakan penjelasan yang tepat bagi pengalaman spiritual seperti kasus di atas? Penelitian baru yang kontroversial menyatakan, percaya tidaknya kita kepada Tuhan, tidak semata terkait dengan kehendak bebas. Para peneliti percaya bahwa individu yang sangat mengasihi Tuhan memiliki perbedaan fisik dalam otaknya (Lis Tucker, BBC News).

 
 
Items
SNR-1: MENYONGSONG HARI PERNIKAHAN (OBOR, 2009)

“Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu (Yoh 15:16b).Sewaktu menerima Sakramen Krisma, kita masing-masing telah menerima tugas perutusan dari Tuhan untuk ikut mengemban tritugas Kristus, yakni sebagai imam, nabi, dan raja. Dalam mewujudkan tugas ini, kita bisa menyesuaikannya dengan jalan hidup yang kita pilih, entah dengan membangun keluarga, hidup selibat demi Kerajaan Allah, ataupun memilih hidup lajang (bdk. Mat 19:12). Apapun jalan hidup yang kita pilih, kita semua dipanggil semakin bertumbuhkembang dalam cinta sehingga berbuah banyak dan mengalami kebahagiaan.

  Items
BERRDOA NOVENA....YUK!

Kalimat pada majalah rohani ini sangat sedehana tapi menarik perhatian. Puji syukur dan terima kasih atas terkabulnya Doa permohonan kami melalui Doa Novena 3 x Salam Maria. Kemudian dibawahnya tercantum nama seseorang yang mengirimkan tulisan tersebut. Dan jika kita telusuri, ternyata ucapan senada lebih sering muncul daripada ucapan syukur karena doanya (bukan doa novena) telah terkabul. Lalu yang menjadi pertanyaan, adalah, apakah suatu doa lebih didengarkan jika kita menggunakan doa Novena, sehingga lebih cepat terwujud? Tapi ternyata adapula yang telah berkali-kali berdoa novena tapi doanya tetap saja tidak dikabulkan.Doa Novena adalah merupakan salah satu kekayaan tradisi doa Katolik. Ada sekian banyak doa-doa novena dalam Katolik, namun novena 3 x Salam Maria-lah paling popular. Sehingga doa ini dimasukkan dalam Buku Doa dan Nyanyian Gerejawi, Puji Syukur. Namun jika kita renungkan lebih dalam, ada banyak pertanyaan yang akan bermunculan selain pertanyaan tersebut diatas. Apakah doa tersebut tercantum dalam Kitab Suci sehingga diakui oleh Gereja? Mengapa kita berdoa kepada Bunda Maria, apakah tidak lebih baik jika kita langsung berdoa kepada Tuhan Yesus?Berdoa Novena Bersama Romo Didik

  Items
BERGURU PADA SANG GURU

Benarkah menjadi seorang guru merupakan suatu panggilan? Padahal banyak guru di jaman ini, menjadi guru sebagai profesi. Untuk mengejar materi dibandingkan pengabdian dan pelayanan. Fungsi Guru bukan hanya milik para pengajar di kelas, tapi juga harus menjadi jiwa bagi para pemimpin, praktisi paroki seperti pengurus lingkungan/wilayah, orang tua, kaum muda dan kita semua yang terpanggil untuk memberi dan berbagi dengan sesama. Untuk itu, kita bisa berguru kepada Sang Guru.

  Items
MENGGUNCANG TAKTHA SURGA MENGHANCURKAN KUASA NERAKA

Buku ini berangkat dari kesadaran melihat kondisi dunia yg semakin "parah".. Tema ini memang rada berat. Buat org yg cuma suka doa2 dengan mental "anak bayi", bisa jadi tamparan keras!!! Dalam literatur non Katolik, tema ini sudah banyak dibahas. Dalam literatur Katolik, masih sangat minim informasinya. Apalagi membahas mengenai peperangan rohani. Di Katolik masih amat jarang.Sesuai dng sub temanya, Menelaah Doa Perantaraan dalam konteks Iman Katolik. Maka buku ini juga melihat berbagai bentuk doa devosional yg sesungguhnya dpt menjadi sarana syafaat ato perantaraan yg efektif. Devosi Hati Kudus, Kerahiman Ilahi, Rosario, Adorasi, Kerasulan Doa, Kerasulan Maria Fatima dan juga peran Para Kudus maupun Para malaikat. Seperti tadi saya bilang, dlm buku ini juga dibahas doa syafaat dlm kaitannya dng kondisi dunia saat ini. Intinya, setiap kita dipanggil utk berdoa syafaat lebih intensif. Tanpa Musa, Yosua sulit ato malah tidak dpt menang perang. Tanpa peran doa syafaat, banyak pelayanan akan sulit utk dilaksanakan.

 
 
Items
MENIMBA INSPIRASI DARI ROH SANG GURU

Refleksi ini saya tuliskan setelah menyelesaikan membaca ROH SANG GURU - Buku Saku Spiritualitas Guru Kristiani, yang ditulis oleh A. Mintara Sufiyana, SJ seorang imam muda Yesuit yang kini tengah melanjutkan studi di Chicago, USA.ROH SANG GURU membawa saya menerawang ke peristiwa-peristiwa yang telah berlalu.saat menimba ilmu secara formal di bangku sekolah, merangkak, merayap menaiki tangga demi tangga. Aku bisa seperti ini, bisa menjadi begini...tentu karena adanya campur tangan Tuhan melalui begitu banyak orang.

  Items
BRUDER ELIA, SANG PENYEMBUH

Salah satu kelompok pelayanan dan penyembuhan yang terbesar di Gereja didirikan oleh seorang bruder dari Italia yang memiliki karunia mengalami stigmata.Cerita tentang Bruder Elia, seorang berusia 43 tahun yang tinggal di sebuah rumah pelayanan kecil di Italia, menjadi sebuah sensa-si di Italia. Banyak karakteristik darinya yang menyerupai Padre Pio dari Pietrelcina. Sama seperti Padre Pio, Elia mengalami stigmata Kristus dan juga dapat melakukan berbagai mukjizat yang luar biasa. Ia memiliki karunia penglihatan akan para malaikat dan orang-orang kudus. Pada tiga hari menjelang Paskah, ia mengalami sengsara Kristus, kematian dan juga kebangkitan-Nya. Belakangan ia mendirikan sebuah komunitas keagamaan kecil yang bernama “Rasul-Rasul Tuhan”.Siapakah Bruder Elia ini? Tidak banyak orang yang mengenal dia. Ia bukanlah orang yang sering muncul di publik atau di media. Sebelum aku pergi ke Italia untuk mengunjunginya, aku mencoba mencari cerita-cerita mengenai dia. Menurut beberapa sumber yang aku temukan, Bruder Elia hidup di dalam misteri iman. Ia hidup di dalamnya dengan seluruh jiwa dan raganya, termasuk tubuhnya sendiri. Tanda-tanda dari cinta Tuhan di dalam hidupnya mengingatkan kita kepada “keajaiban-keajaiban” yang terjadi dalam kehidupan para orang kudus yang telah kita kenal.

  Items
TERANG ATAU GELAP (CATATAN KECIL AGUST SURIANTO HIMAWAN, PR)

Itu cerita biasa-biasa saja. Menggambarkan bagaimana seorang Kabayan, tokoh dongeng masyarakat Jawa Barat terkenal, yang ingin memperkanalkan aneka kebijaksanaan hidup dengan cara lucu, lugu, dan sederhana. Cerita bijak dikemas dalam sebuah lakon yang ringan, penuh canda, bahkan kadangkala dinilai agak (maaf) bloon oleh orang yang tak paham tentang tokoh dongeng ini. Mengapa manusia takut akan kegelapan? Apakah gelap selalu identik dengan ketidakjelasan. Identik dengan hantu dalam dongeng-dongeng sebelum tidur? Apakah gelap adalah sekedar kebalikan dari terang? Orang mengerti konsep gelap karena disandingkan dengan konsep tentang terang . Dua hal yang saling menguatkan keberadaan yang lain. Gelap ada karena adanya terang. Begitu pula kebalikannya, terang ada karena adanya gelap. Silih berganti menghadirkan diri dalam kehidupan nyata setiap realitas dalam alam semesta ini.

  Items
TAKE HEART HEALING PRAYER FOR THE WHOLE OF LIFE ( KUATKANLAH HATIMU )

Apakah Anda merasa gampang berdoa atau malah tidak berdoa? Apakah Anda tergantung pada perasaan tertekan untuk bisa berdoa? Apakah berdoa menjadi hal yang terakahir dalam pikiran Anda?Apapun jawaban Anda, emosi merupakan hal yang hakiki dari diri kita. Pada saat emosi membentuk hubungan pribadi kita, dengan cara yang sama emosi ini mempengaruhi relasi kita dengan Allah. Beberapa perasaan mendorong kita untuk berdoa, perasaan yang lain menjauhkan kita dengan doa. Doa dipanjatkan secara spontan ketika bergembira dan bersyukur. Ketika kita takut dan marah, ceritanya akan menjadi lain. Take Heart adalah sebuah panduan doa yang praktis yang menolong kita mengerti perasaan- perasaan kita dan mengarahkan kita agar tidak dikuasai oleh perasaan-perasaan. Doa- doa dan bacaan-bacaan Kitab Suci disajikan berkaitan dengan pengalaman dan emosi. Doa-doa dan bacaan-bacaan ini menjadi sumber yang membantu kita berdoa, apa pun reaksi kita pada situasi dan kondisi yang sedang kita alami.

 
 
Items
SEBUAH BUKU UNTUK MGR SUNARKA

Meskipun terlihat lelah, dengan mengenakan hem putih, celana biru, dan kaki berselubung kaus kaki merah Uskup Purwokerto menerima dengan gembira penulis buku Biarkan Kami Bicara (BKB) 10 Kisah Persembahan Cinta Anak bagi Orang Tua. Pertemuan berlangsung di serambi lantai dua di depan ruang doa Uskup.Mgr Julianus Sunarka SJ menerima Karina Aprodita dan Aurelia Ketawang dari pukul 20.05 - 21.10 pada Sabtu 20 Desember. Dua dari 10 penulis buku kumpulan kisah persembahan cinta anak bagi orang tua itu ditemani Rm AM Kristiadji MSC dari Margasiswa, Sutriyono editor, Maria Pertiwi Komunitas Pena dan ibunda Ketawang. Pertemuan berlangsung hangat.Sutriyono mengungkapkan bahwa buku diterbitkan salah satunya untuk menyambut ulang tahun Mgr Sunarka. Selain itu juga menyambut kembali sehatnya Uskup dan kembali menggembalakan umat di Purwokerto setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit di Jakarta.

  Items
LIMBO PENAMPUNGAN BAGI JIWA YANG TERLANTAR?

Komisi ahli-ahli teologi meminta untuk menimbang kembali doktrin mengenai apa yang disebut sebagai limbo. Kami bertanya kepada pakar senior teologi dari Vatikan untuk memberikan komentar.Apakah seorang bayi yang meninggal tanpa dibaptis masuk ke dalam surga? Banyak orangtua yang melahirkan anak-anak yang telah meninggal, dan banyak orang Kristen yang kuatir akan jiwa-jiwa dari anak-anak yang diaborsi, menanyakan pertanyaan ini. Saat ini Paus telah meminta komisi para ahli teologi untuk mempelajari konsep tradisional dari limbo atau tempat penampungan bagi yang terlantar dan terbuang.Doktrin mengenai limbo muncul di dalam Gereja sebagai upaya untuk menyeimbangkan dua ajaran: (1) pembaptisan sangat dibutuhkan, karena adanya dosa asal, agar dapat memasuki Gereja Kristus dan kehidupan yang abadi (yaitu surga); dan (2) Tuhan adalah Allah yang penuh cinta kasih yang ingin memberkati ciptaan-Nya dengan kehidupan yang dipenuhi dengan damai dan sukacita.Kesimpulan yang sangat tradisional adalah: surga hanya terbuka bagi mereka yang telah dibaptis, tapi Allah yang penuh cinta kasih tidak akan mengirim ke neraka bayi-bayi yang meninggal di dalam dosa asal dan belum mengalami pembaptisan. Maka, para ahli teologi menemukan konsep mengenai limbo, sebuah tempat “di antara”, bukan surga, tetapi tentunya bukan neraka.

  Items
MENYIAPKAN DAN MEMOTIVASI PENGURUS LINGKUNGAN

Salah satu kekhasan Gereja Katolik Indonesia adalah adanya sistem lingkungan/ kring/stasi dalam pelayanan pastoral parokial-teritorial yang memungkinkan semakin banyak kaum beriman awam terlibat dalam pengembangan Gereja seperti yang diharapkan oleh Konsili Vatikan II (lih. AA 10, AA 24, AG 21). Dan yang menarik, cikal-bakal lingkungan ini ternyata sudah ada jauh sebelum Konsili Vatikan II, bahkan sebelum Perang Dunia II. Pada masa itu para imam Jawa, yakni Rm. Hardjosuwondo SJ dan Rm. Sugiyopranoto,SJ, merintis sistem kring di paroki-paroki Wedi-Klaten, Ganjuran, dan Bintaran (lih. JWM Huub Boelaars, OFM Cap dalam Indonesianisasi: Dari Gereja Katolik di Indonesia Menjadi Gereja Katolik Indonesia, Kanisius, 2005, hlm. 353). Bahkan para pamong kring ini berperan sebagai gembala bagi umat kringnya, dimana mereka dipercaya untuk memimpin ibadat-ibadat, mengajar calon baptis, juga membimbing umat yang mengalami kesulitan. Dalam perkembangan waktu, sistem “bapak pamong kring” ini kemudian berkembang menjadi sistem lingkungan yang kemudian juga dimasukkan dalam struktur dewan pastoral paroki. Dalam semangat kepemimpinan partisipatoris, “salib pelayanan” umat di lingkungan tidak lagi “dibebankan” pada pundak ketua lingkungan saja, tetapi menjadi tanggung jawab para pengurus lingkungan. Keterlibatan para pengurus lingkungan sungguh membantu dan melipatgandakan tenaga dan perhatian pastoral Pastor Paroki. Dan menarik untuk dicermati, “sekolah pelayanan dan kerjasama” para pengurus lingkungan ini sekaligus merupakan salah satu wahana dan peluang untuk mempersiapkan kader-kader pengurus Dewan pastoral paroki.

  Items
SUDAH TERBIT: POLITIK KATOLIK

Satu lagi untuk Anda, yang ingin mengetahui geliat politik Katolik dan orang-orang Katolik di belakangnya, siapa di balik semua langkah politik Katolik ini, misi di balik itu, dan arah politik Katolik ke depan, dapatkan segera buku ini: POLITIK KATOLIK – Politik Kebaikan Bersama . Peluncurannya dilakukan pada Jumat, 21 November 2008, di Museum Misi Muntilan, yang rencananya diawali perayaan Ekaristi, kemudian dilanjutkan dengan Orasi Budaya Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Keesokan harinya diadakan seminar di Universitas Sanata Dharma, sekaligus memperingati 50 tahun berdirinya ISKA.

 
 
Items
MISI PENYELAMATAN SANG KARDINAL

Darimanakah sang Paus mengetahui bahwa kebakaran di Teater Beijing itu bukan suatu kecelakaan. Ternyata pada saat kejadian tersebut ada seseorang yang merekam kejadian tersebut melalui ponsel, tapi mengapa ponsel tersebut tidak ikut terbakar? Kisah penyelamatan sang Kardinal pun dimulai setelah kematian Paus yang mendadak. Dan mengingat waktu yang singkat. Lebih pendek dari waktu yang direncanakan semula, lalu siapakah yang ditugaskan dalam misi tersebut. Berapa orangkah yang berangkat ke China untuk membebaskan Kardinal Yin Daoming? Kardinal yang diangkat dalam hati, in pectore oleh Paus, duapuluh tahun yang lalu..Pemasalahan lain lagi timbul, sebelum pemilihan Paus yang baru di mulai, ternyata kisah Yin Daoming yang telah dipenjara selama 30 tahun demi imannya diangkat ke permukaan. Yin Daoming adalah seorang Kardinal, sehingga ia juga punya hak untuk dipilih menjadi Paus. Mungkinkah itu? Bagaimana jika ia meninggal setelah dirinya terpilih? Apakah harus dilakukan konklaf kembali? Pertimbangannya sangat riskan. Ada berbagai macam kepentingan dalam pemilihan Paus tersebut. Semua Kardinal memilih berdasarkan berbagai macam kepentingan. Namun dalam keputusannya, para Kardinal harus banyak berdoa, mohon bimbingan dan petunjuk dari Roh Kudus.Segala rahasia tidak boleh keluar ruang pemilihan. Lalu siapakah yang tidak menyukai rencana penyelamatan tersebut? Seorang Kardinal-kah? Mengapa ia tidak menyetujuinya? Apakah kepentingannya? Pakah menghalanginya untuk terpilih menjadi Paus berikutnya? Atau kepentingan politis? Keuntungan materi?

  Items
JALAN ETIKA MENUJU TUHAN

"Siapa yang tidak mengenal Injil Kristus dan Gereja tanpa kesalahanya sendiri, tetapi... berusaha untuk memenuhi kehendak Allah yang dirasakannya dalam panggilan suara hatinya dapat memperoleh keselamatan kekal." (Lumen Gentium nr. 16). Kata Konsili Vatikan II (1965) itu mengungkapkan keyakinan bahwa suara hati adalah tempat di mana manusia bertemu dengan Allah. Bahkan orang yang tidak tahu tentang Allah, apabila taat pada suara hatinya, menaati Allah. Adalah John Henry Newman (1801-1890), sang teolog dan kardinal Inggris besar, yang menunjuk pada suara hati (conscience) sebagai tempat manusia bersentuhan dengan realitas Ilahi. Menurut Newman, dalam suara hati kita menyadari bahwa kita berkewajiban mutlak untuk mengiyakan kewajiban yang membebani kita. Suara itu bagaikan panggilan dari realitas personal yang berkuasa atas diri kita yang, kalau kita mengikutinya, membuat kita merasa terhormat, aman dan sedia untuk menyerah. Berikut ini pengalaman Tuhan dalam suara hati akan kita telusuri. Ada beberapa istilah yang akan kita pakai: kesadaran moral (kesadaran bahwa kita berkewajiban mutlak), kewajiban mutlak (kewajiban yang tidak dapat ditawar-tawar oleh rasa senang, malas, takut, emosi, penyesuaian terhadap orang lain, pertimbangan untung rugi), suara hati (kesadaran moral dalam situasi konkret), hati nurani (dasar di lubuk hati di mana kita selalu sudah merasa mutlak tertarik pada yang baik, benar, adil, setia, jujur, daripadanya suara hati muncul). Pokok gagasan dapat dirangkum melalui enam pernyataan berikut:1) Manusia berkesadaran moral (= mempunyai suara hati).(2) Dalam penilaian moral manusia sadar bahwa ia mutlak wajib untuk memilih nilai moral.(3) Kesadaran itu berakar dalam hati nurani, yaitu kesadaran di dasar hati kita bahwa kita wajib mutlak untuk memilih perbuatan yang baik, jujur, adil dst. dan menolak perbuatan yang tidak baik, tidak jujur dan tidak adil.(4) Kesadaran akan kewajiban mutlak untuk memilih nilai moral ini tidak berasal dari dunia luar dan juga tidak dari diri kita sendiri,(5) Melainkan kita menyadarinya langsung sebagai jawaban terhadap suatu tuntutan dari sebuah realitas yang kita hadapi, daripadanya kita tidak dapat lari, di mana sikap terhadapnya menentukan mutu kita sebagai manusia.(6) Realitas itu bersifat mutlak, personal dan suci, itulah yang kita sebut Allah.

  Items
SALAM BUAT SAHABAT

Pengalaman perjumpaan selalu terjadi hampir dalam seluruh waktu hidup kita. Makna eksistensi diri kita terkuak ketika perjumpaan itu terjadi. Masih ingat ketika kita memutuskan untuk menjadi Kristen dan berjumpa dengan Tuhan Yesus dan perubahan dahsyat apa yang serta merta mengikuti kita setelah perjumpaan itu? Atau sebutlah secara sederhana, perubahan apa yang kita alami setelah kita berjumpa si A, si B, si Polan dll kapan dan di mana saja? Hari ini aku amat rindu mensharingkan seluruh perjumpaanku dengan Tuhan dan para sahabat dalam perjalanan menelesuri relung Kerahiman Allah di kota kecil Negara Polandia dan tempat-tempat lain yang memberi makna dalam pada sebuah Kerahiman Allah. Kupersembahkan sharing ini untuk saudara-saudaraku yang belum sempat merasakan keindahan pengalaman ini. Apa yang kulihat dan kualami, baik dalam hari-hari dan batinku dalam perjalanan peziarahan ini akan menjadi perziarahan kita. Semoga hal ini bisa menghibur hatimu sambil menanamkan kerinduan untuk mengalami perziarahan yang sesungguhnya.Ada begitu banyak rahmat dan berkat yang sudah Tuhan berikan secara khusus bagi kita. Rahmat dan pengalaman itu menjadi nyata baik secara langsung maupun tidak langsung, tergantung pada discerment pribadi kita masing-masing. Barangkali pengalamanku ini bisa menjadi refleksi juga bagi kita semua yang juga pasti mengalami perjumpaan unik dengan Tuhan. Semoga cerita ini bisa menjadi oleh-oleh buat anda semua. Inilah oleh-oleh yang paling berharga yang Tuhan mau berikan langsung padamu lewat ziarahku dan ziarah kita ini. Diharapkan dengan tulisan ini, mereka yang belum sempat menikmati perziarahan rohani bisa merasakan secara bathin keberadaannya dalam rombongan ziarah kami seolah mereka juga ada bersama kami. Selain itu pembaca dapat semakin mengerti arti sebenarnya ziarah dan memupuk keinginan untuk berziarah juga karena ada banyak rahmat tersirat yang bisa diperoleh dengan melakukan ziarah. Selain itu dengan tulisan ini kita akan mendapatkan beberapa pengetahuan mengenai devosi yang ada di gereja Katolik dan bisa mendalaminya sebagai suatu pengetahuan tetapi bisa juga sebagai pilihan devosi mana yang akan didalaminya; atau sebagai cerita ringan untuk diberikan kepada teman-teman dari mereka yang berziarah sebagai kenang-kenangan.

  Items
BERKOMUNIKASI DENGAN MEDITASI

Berawal dari kegelisahannya untuk dapat membina relasi dengan Allah, hati manusia secara kodrati terarah kepada Allah. Berbagai upaya mereka lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan Allah, sehingga melahirkan apa yang disebut dengan doa.Dalam doa, manusia berkomunikasi dengan Tuhan. Dalam doa dirasakan hubungan yang sangat pribadi, sehingga lahirlah berbagai macam cara berdoa. Doa lahir dan doa batin yang seringkali disebut dengan meditasi, doa meditatif. Dan untuk tingkat yang lebih dalam, disebut kontemplatif.Dalam doa meditatif kita melakukan permenungan yang mendalam. Tanpa suara namun tetap memikirkan sesuatu, merenungkan sesuatu. Dengan bermeditasi, kita melakukan pencarian berdasarkan cinta menuju sang kebenaran itu sendiri

 
 
Items
MUKJIZAT MARIA MEDALI WASIAT YANG SAYA ALAMI OLEH ROMO ALLOY BUDI CM

Saya ingin mensharingkan penglaman saya dalam website Pondok Renungan. Pengalaman saya akan Allah melalui Bunda Maria Medali Wasiat . Saya adalah imam Lazaris atau di Indonesia lebih dikenal dengan CM atau Congregatio Missionis (bhs. Indo. Kongregasi Misi). Kongregasi kami didirikan oleh S. Vinsensius. Di samping itu S. Vinsensius a Paulo juga mendirikan Serikat Putri Kasih atau PK. Karena PK dan CM didirikan oleh pendiri yang sama hubungan kedua serikat ini bagikan saudara dan saudari dari orang tua yang sama. Berkat yang diterima oleh CM juga merupakan berkat untuk PK, demikian juga sebaliknya. Pada tanggal 27 November 1830 Tuhan memberkati serikat PK dengan penampakan Maria kepada S. Katarina Laboure di kapel rumah induk suster PK di Paris, Prancis. Beberapa waktu kemudian setelah tersebarnya “Medali Wasiat” yang dibuat berdasarkan penampakan tersebut dalam keluarga Vinsensian muncul tradisi untuk menghormati Bunda Maria Medali Wasiat dalam bentuk novena abadi yang didoakan setiap saat atau berkala dan juga novena 9 hari yang didoakan pada bulan November menjelang perayaan Maria Medali Wasiat.

  Items
BUKU SAKU MISDINAR

Markus sudah cukup lama menjadi anggota putra Altar. Ia sering membantu pastor dalam Misa. Ia tahu, kapan harus memukul gong, atau memberkati dengan dupa dan lain sebagainya. Namun suatu hari ia bingung karena Pak Koster yang baru bertugas memintanya untuk mengambilkan Turibulum dan navikula. Ternyata yang dimaksud adalah wiruk dan tempat dupa .Menjadi putra altar atau misdinar, tak cukup hanya trampil melayani pastor. Ia juga harus dibekali pengetahuan dan pemahaman liturgi, sehingga ia menjadi putra altar berkualitasSebagai pelayan dalam misa, ia juga perlu tahu nama-nama peralatan Misa seperti piala, sibori, kain purifikatori, patena, pala, corporal. Simbol-simbol, busana liturgi pun harus dimengerti.Buku ini mengupas tuntas segala hal tentang tugas-tugasnya di seputar altar. Buku ini dibagi menjadi dua bagian, Pertama, pengetahuan dasar liturgi dan simbol, pernak-pernik Ekaristi (bahasa tubuh, simbol, ritus dan doa), para petugas liturgi serta busana dan peralatan liturgi.

  Items
25 TAHUN PATER JOSEPH G BEEK SJ

Ada yang masih ingat Pater Beek SJ, seorang tokoh pendidik kaum muda Gereja agar tangguh menjadi garam dunia. Anda pernah mengikuti Kaderisasi Dasar? Atau pernah mengikuti Khalwat Sebulan? Tak terasa tahun ini beliau genap 25 tahun dipanggil Tuhan...karya-karyanya masih tetap dirasakan oleh Gereja Katolik di Indonesia. Ada banyak pemuda (antara tahun 60-an sd 80-an) yang mengalami "sentuhan kasihnya" ketika dididik untuk menjadi "Orang Katolik" yang bersemangat "garam". Ribuan anak didiknya telah tersebar di berbagai bidang karya, di Indonesia, maupun sampai ke mancanegara, baik sebagai pemimpin rohani maupun sebagai pemimpin masyarakat, pemimpin lembaga-lembaga, pemimpin perusahaan, dan lain-lain.Mungkin Anda juga salah seorang dari antaranya? Atau sekurang-kurangnya pernah bersentuhan dengan semangat beliau? Mari kita bangkitkan kembali semangat kerasulan yang pernah beliau tanamkan di kalangan kaum muda Gereja Katolik Indonesia. Agar cinta kasih Tuhan dapat kita tebarkan sampai ke ujung-ujung bumi. Pater Beek memang menantang kita untuk menjadi "garam", yang rela "larut tetapi tidak hanyut"...bahkan ia siap memberi rasa bagi sekelilingnya.

  Items
MEDITASI BERSAMA YESUS

Hati manusia secara kodrati terarah kepada Allah. Mereka melakukan berbagai upaya untuk bisa berkomunikasi dengan Allah, yang bermula dari kegelisahannya untuk dapat membina relasi dengan Allah, sehingga melahirkan apa yang disebut dengan doa. Dalam doa, manusia berkomunikasi dengan Tuhannya dalam hubungannya yang sangat pribadi, sehingga melahirkan berbagai macam cara berdoa. Doa lahir dan doa batin yang seringkali kita sebut dengan meditasi atau doa meditatif. Kemudian untuk tingkatnya yang lebih dalam, kita sebut kontemplatif. Dalam doa meditatif kita tidak tergoda untuk berbicara tetapi melakukan permenungan yang mendalam. Tanpa suara namun tetap memikirkan sesuatu, merenungkan sesuatu. Dengan bermeditasi, kita melakukan suatu pencarian berdasarkan cinta menuju sang kebenaran itu sendiri. Dalam buku ini kita akan mendapatkan penjelasan bagaimana kita harus bermeditasi. Apa saja yang kita lakukan agar meditasi tersebut semakin mendekatkan kita pada Tuhan kita.

 
 
Items
SARANA MELAYANI

Ada berbagai karunia, tetapi satu roh, ada berbagai tugas pelayanan tapi satu Tuhan, Ada berbagai karya, tetapi Allah yang sama berkarya dalam semuanya (1Kor 12:6). Kita dapat mengacu kepada ayat tersebut untuk memahami alasan kita berkarya dan melayani dalam nama Tuhan. Sangat sederhana! Kita pun dapat memiliki karunia Sabda Pengetahuan jika kita tahu caranya. Buku ini menjelaskan hal tersebut. Saat menerjemahkan buku ini, Pastor T.A Murdjanto Rochadi Widagdo, Pr pun merasakan manfaat, “…saya mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan mempraktikkan, saya merasa yakin bahwa karunia Sabda Pengetahuan dan Sabda Kebijaksanaan itu dikaruniakan kepada saya dan merupakan sarana yang ampuh dalam berbagai pelayanan saya sebagai imam.” Buku ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama perihal dua azas penyembuhan. Untuk mencapai suatu penyembuhan, perlu menelusuri alam sadar dan bawah sadar seseorang. Lalu, berusaha menemukan dan menyentuh akar penyebab, karena pada umumnya, penyebab itu ada dibawah sadar pasien.

  Items
CELOTEHAN PENULIS

Satu kali saya menulis. Kira-kira bunyinya begini…Hidup itu air. Ia mengalir. Ketika saya menjalani hidup, sebetulnya semuanya mengalir, terus dan pasti. Karena waktu tiada pernah gagal bergulir, dan jejak nyata enggan ingkar meniti hari di titian waktu. Namun, ya namun! Manakala ditanyai bagaimana jalan hidup saya, saya seperti ditarik dan dipaksa menyadari serta merumuskan keajaibannya. Lantas, sesuatu yang semula terasa wajar menjelma penyadaran reflektif.…Hingga sekarang ini, saya masih mengiyakan rumusan tersebut. Berikut saya mau mengimbuhkan sekelumit kata pendaratan pada kesadaran yang pernah saya kalimatkan dahulu itu.

  Items
MENGUPAS KELUARGA KATOLIK

Keluarga memiliki dampak yang dramatis dan menentukan perkembangan hidup seseorang. Dari rahim keluargalah, kita dikandung, dilahirkan dan dibesarkan. Namun dalam mengarungi bahtera rumah tangga ternyata tidak semudah membalikan tangan. Cukup banyak tantangan, cobaan dan godaan yang membuat keutuhan rumah tangga itu berada dalam bahaya.Buku ini mengupas tentang sisi lain keluarga Katolik. Mulai dari masalah ketidakhamonisan dalam keluarga hingga kawin cerai, mulai dari kawin beda gereja hingga kawin beda agama, ingin menikah lagi hingga masalah perselingkuhan, perzinahan dan penyelewengan seks. Dan semua kasus yang disajikan dalam buku ini berdasarkan keadaan yang sebenarnya, tidak dibuat-buat. Kasus-kasus itu dipetik dari rubrik konsultasi Keluarga di majalah HIDUP yang diasuh oleh Pastor J. Hardiwiratno, MSF. Segala permasalahan di bedah dan dicermati hingga menjadi suatu dialog yang hidup dan segar dengan berbagai solusi yang ditawarkan namun tidak bertentangan dengan ajaran Gereja Katolik.

  Items
BUKU SAKU MISDINAR

“Bunda, kenapa sih kita hanya didupai sekali saja tadi”, seorang bocah yang masih duduk di bangku TK bertanya kepada ibunya selepas mengikuti perayaan Ekaristi pada suatu hari Minggu. Pertanyaan sederhana, yang telah membuat sang ibu kebingungan menemukan jawabannya. Si bocah nampaknya dengan teliti meng-amati ketika misdinar kadang-kadang mendupai satu kali, dua kali, atau tiga kali.Masih ada banyak pertanyaan yang sering kita dengar ber kaitan dengan pelayanan di seputar Meja Perjamuan Tuhan. Misalnya, tentang kasula & stola Imam yang berwarna-warni, tentang air, anggur dan roti tak beragi, tentang berlutut, duduk, dan berdiri, tentang lonceng kecil yang dibunyikan pada saat konsekrasi, dan aneka pertanyaan lain yang membutuhkan jawaban tepat agar pembinaan iman berjalan dengan sempurna.Bersyukurlah anak-anak yang didorong oleh para orangtuanya untuk ikut ambil bagian secara aktif dalam Perjamuan Tuhan dengan menjadi misdinar atau putra-putri altar. Sambil memahami pernak-pernik liturgi, khususnya di sekitar Meja Perjamuan Tuhan, mereka menumbuh-kembangkan semangat pelayanannya masing-masing. Dampak positif lainnya dengan melibatkan mereka secara aktif dalam kegiatan berliturgi adalah menanamkan benih-benih panggilan untuk menjadi imam, dan biarawan-biarawati.

 
 
Items
KISAH SEORANG MISIONARIS

Saya berangkat untuk pertama kalinya ke Indonesia pada tanggal 6 Agustus 1946. Kehadiran kami di tanah misi telah dinanti-nantikan, karena pada waktu itu banyak konfrater yang sudah tidak ada di tempat misi; banyak yang telah meninggal karena sakit tetapi juga ada yang tewas sebagai korban perang. Kakakku, P. Anton, karena situasi perang terpaksa menunda dan menunggu saat keberangkatan sampai 3 tahun. Saya, yang mendaftar kemudian, pada akhirnya bisa berangkat pada tahun yang sama, hanya dalam bulan yang berbeda. Saya ingin memulai cerita ini dengan menceritakan dahulu latar belakang dan asal-usul saya. Saya berasal dari sebuah keluarga besar dengan delapan orang bersaudara : lima lelaki dan tiga perempuan. Tiga orang kakak lelaki yang tertua, setelah menyelesaikan sekolah menengah atas Bruderan di Ruwemberg, langsung membantu Ayah bekerja di perusahaan keluarga, yakni Pabrik kulit sepatu, seperti banyak dijumpai di Dongen, desa asal kami. Ketiga kakak perempuan saya masuk asrama Suster di desa sendiri sampai mereka menamatkan pendidikan di sekolah menengah atas. Setelah tamat sekolah menengah atas itu, kakak perempuan saya yang tertua melanjutkan pendidikan pendidikan perawat. Pilihan itu dibuat atas pertimbangan bahwa ia nantinya dapat membantu orang tua di tengah situasi krisi ekonomi. Walaupun ia banyak bercerita sambil bergurau tentang kekejaman para suster, ia kemudian masuk biara suster juga.

  Items
DEVOSI DIKENAL SEBAGAI JODOH IMAN KATOLIK.

Pelbagai praktik devosi membuat jawaban iman orang Katolik menjadi hangat dan mesra. Namun demikian, kemesraan dua sejoli bisa juga membuat buta akan realitas yang sebenarnya. Inilah yang diselidiki dalam koleksi lima belas karangan singkat Prof. Dr. Jan van Paassen (JvP). Dengan mengamati beberapa contoh devosi, khususnya menyangkut devosi kepada Bunda Maria, ditanyakan apakah bentuk-bentuk tertentu yang suka dipropagandakan di kalangan Katolik sungguh-sungguh mengungkapkan sikap iman kristiani; apakah serasi dengan jawaban iman yang ditemukan dalam Perjanjian Baru dan dalam Liturgi Gereja. Kedua kriteria ini, Injil dan Liturgi (khusus-nya Doa Syukur Agung), digunakan oleh JvP untuk mengukur dan memberi komentar yang berterus terang tentang sejumlah doa devosional yang suka dipromosikan dan bahkan dimutlakkan di sebagian kalangan Katolik. Maka calon pembaca hendaknya siap dipertanyai tentang beberapa hal yang selama ini mungkin ia terima sebagai amat suci.Berani mempertanyakan beberapa bentuk devosi popular, JvP sendiri tidak memberi kesan anti-devosi. Dalam bukunya ini kita tidak mendapat catatan apa pun tentang sejumlah devosi lama yang sampai sekarang sangat meluas, seperti misalnya jalan salib atau doa di depan Sakramen Mahakudus. Lagi pula, seluruh tulisannya menampilkan suatu devosi dalam arti paling mendasar, yakni dedikasinya kepada Allah Bapa.Devosi JvP bertolak dari imannya kepada Bapa yang telah menyatakan kasihnya yang mendalam bagi dunia melalui Yesus Kristus, Bunda Maria, dan orang-orang kudus lainnya. Beliau menyatakan rasa syukur bukan hanya atas pelayanan Yesus tetapi juga atas kehadiran Maria dan para kudus. Tanpa perantaraan mereka, kita tidak akan mengenal kasih Bapa seperti yang dapat kita kenal sekarang. Melalui mereka kasih Bapa sudah begitu nyata dan meyakinkan, sehingga JvP berulang kali mengatakan bahwa kita tidak memerlukan perantaraan – entah perantaraan Kristus sendiri ataupun perantaraan Maria atau siapa pun – untuk mereda-kan amarah Allah atau membujuk Dia mengubah sikap-Nya terhadap kita.

  Items
BERIMAN SEBAGAI ORANG MODERN

“Pada tanggal 27 Juli 2007 saya diajak naik ke lantai 18 Gedung Jakarta Stock Exchange (sejak awal Januari 2008 menjadi Gedung Indonesia Stock Exchange), Jalan Jendral Sudirman Jakarta, di ruang kerja Direktur Utama Merrill Lynch Indonesia, Lily Widjaja. Sambil menyaksikan pemandangan kota Jakarta yang sangat sibuk dan macet di bawah sana, kami mendiskusikan sebuah topik yang sangat menarik: “Spiritualitas bagi orang sibuk di era global saat ini”Ada dua pendapat yang saling mereka perhadapkan. Pendapat pertama, spiritualitas dipandang sebagai “oase” di tengah kesibukan. Maksudnya, “berhenti dari kesibukan sehari-hari untuk melakukan kegiatan rohani seperti berdoa, meditasi, dan mengikuti perayaan ekaristi di gereja”. Di sini, spiritualitas hanya dikaitkan dengan kegiatan kultis keagamaan. Pendapat kedua, spiritualitas dipahami sebagai contemplatio in actione, yaitu menghayati nilai hidup rohani melalui dan di dalam tindakan atau kesibukan. Dalam konteks ini spiritualitas tidak lagi dipahami sebagai kegiatan berdoa belaka, melainkan lebih merupakan “sebuah usaha untuk menyadari dan memaknai seluruh aktivitas pikiran, perasaan, perkataan, dan tindakan yang dilakukan setiap hari”. Jadi, orang sibuk tidak perlu berhenti dari kesibukan kerjanya untuk dapat menghidupi spiritualitasnya.

  Items
BERJALAN DI AIR PASANG SURUT

Buku yang tidak asing lagi bagi para netter di milis-milis katolik. Aslinya, naskah awal buku ini disunting dari pelbagai sharing pengalaman seorang Romo yang pernah dikirimkannya ke milis paroki.net, sehingga terbitnya buku ini langsung disambut meriah. Kisah-kisah dalam buku ini tentu saja memikat juga mereka yang di luar dunia maya itu. Menarik lagi bahwa banyak pembaca yang membeli bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk dibagikan sebagai kado bagi orang lain. Suatu hadiah yang sangat berguna dalam memperkaya pengalaman dan memaknai peristiwa kehidupan ini. Buku diberi judul Berjalan di Air Pasang Surut (BAPS) memang menunjuk pengalaman nyata penulis dan sekelompok umat di Paroki Pasang Surut!

 
 
Items
IKHTISAR KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

Pada tanggal 8 Desember 1992 Paus Yohanes Paulus II mengumumkan berlakunya KATEKISMUS GEREJA KATOLIK sebagai sumber dan pegangan bagi umat Katolik dalam memahami iman dan moral Katolik. Hal ini menjadi anugerah amat besar bagi Gereja. Betapa tidak, karena telah sekian abad lamanya Gereja Katolik menggunakan Katekismus Romawi, yang merupakan buah atau hasil Konsili Trente, diterbitkan pada tahun 1566. Kardinal Joseph Ratzinger (kini Paus Benedictus XVI) dalam sebuah kesempatan tanya jawab di sebuah konferensi mengenai Katekismus Gereja Katolik, November 1993, menganjurkan agar dibuat pula edisi ringkas dari katekismus tersebut. Tujuannya adalah untuk memudahkan umat Katolik memahami isi katekismus yang disusun panjang-lebar tersebut.

  Items
KARISMATIK : TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Dalam kotbah di bukit, Yesus berkata kepada orang banyak: “Haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapa-Mu yang di surga sempurna adanya” (Mat 5:48). Pernyataan Yesus ini dilanjutkan oleh Yohanes Paulus II. Pada kesempatan ziarah bersama orang-orang muda di Santiago de Compostela, Spanyol, beliau berseru pada kelompok orang muda itu, “Janganlah takut untuk menjadi orang-orang kudus!” Dan lagi, pernyataan serupa keluar dari Uskup Agung Paul Yosef Cordes: “Tanda-tanda terdalam pembaruan Gereja Kristus adalah kekudusan dan evangelisasi” (hal. 263).Salah satu, pembaruan itu, yang sampai saat ini masih berbau kontroversi adalah karismatik. Sebagaimana telah diungkapkan secara implisit oleh Deshi Ramadhani, pengarang “Mungkinkah Karismatik Sungguh Katolik?” bahwa masih, ada imam, ada biarawan-biarawati dan awam yang bersikap sinis dengan karismatik (hal.16). Kesinisan itu biasanya didasarkan pada cara berdoa yang tampak heboh-berlebihan, berbau non Katolik atau Pentekosta, terlalu menekankan Roh Kudus, sehingga melenceng dari magisterium dan sederet prasangka lain.Pengarang yang adalah dosen tafsir Kitab Suci di STF Driyarkara Jakarta ini menyajikan latar belakang lahirnya dan berkembangnya pembaruan karismatik dalam Gereja Katolik. Dengan penjelasan ini, diharapkan siapa saja (entah Katolik/non-Katolik atau mereka yang terlibat dalam karismatik/tidak) tidak serta merta mmincingkan mata pada karismatik tanpa terlebih dahulu mengenalnya.

  Items
KUCINTAI ENGKAU, MAKA ENGKAU KUKENAL

Anda rajin ke toko buku? Fenomena apa yang Anda tangkap setelah ”Da Vinci Code” karangan Dan Brown, diterbitkan oleh Serambi? Kalau kita perhatikan, saya setidaknya melihat bahwa buku tersebut menjadi titik pemicu bagi munculnya sederet buku yang mencoba mengulas tokoh ”Yesus” secara kontroversial. Buku-buku ini tidak hanya diterbitkan oleh penerbit Islam tetapi juga oleh penerbit kristen.

  Items
SALAH SATU ARTIKEL DALAM YOU CAN MAKE YOUR LIFE BEAUTIFUL

Carol sedang mengintip lagi di balik jendela. Setiap hari, dia memperhatikan pasangan serasi di rumah sebelah, melakukan ritual pagi mereka: sebelum sang suami berangkat kerja, ia akan mencium isterinya, memberinya sebuah pelukan, dan berseru kepada isterinya, “I love you!” agar seluruh dunia mendengarnya. Setiap pagi, Carol melihat pemandangan ini, dan setiap kali, hatinya dipenuhi oleh rasa iri. Akhirnya, suatu hari, ia tak dapat lagi menahan diri. Maka Carol memutuskan untuk berbicara pada suaminya, Petrus. “Mengapa kamu tidak bisa seperti tetangga sebelah rumah?” Ia menarik tirai jendela agar suaminya dapat melihat. “Lihat? Pria ini mencium isterinya, memeluknya, dan mengatakan, I love you! setiap pagi. Setiap pagi! Mengapa kamu tidak melakukannya?”

 
 
Items
KATA PENGANTAR DARI PENGARANG 1500 CERITERA BERMAKNA

Buku ini disusun untuk dibaca sedikit demi sedikit, bukan untuk dibaca seluruhnya sekaligus. Buku ini lebih merupakan buku acuan.Anda bisa mulai membacanya dari mana saja dan dengan cara apa saja- bahkan bisa mulai dari belakang. Dalam setiap halaman Anda pasti mendapatkan cerita yang bisa memberi Anda pemikiran kedua untuk tema-tema tertentu dan yang bisa membuat pidato, ceramah atau kotbah Anda menarik.Bila Anda mau agar orang mengingat kotbah, pidato atau ceramah Anda, berilah mereka suatu cerita. Para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama pun menyampaikan pesannya dalam bentuk cerita. Contoh klasik dari itu bisa ditemukan dalam Kitab 2 Samuel 12, 1-15. Disni Nabi Nathan dikirim oleh Allah untuk menyadarkan Raja Daud karena telah berzinah dengan Bathsheba dan melenyapkan suaminya. Nathan menyampaikan pesannya dengan cerita perumpamaan tentang pemilik ternak yang kaya, yang membunuh domba satu-satunya dari seorang petani miskin. Cerita ini membuat Daud bertobat.

  Items
TAK SEKEDAR PENAMPAKAN

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak prediksi peristiwa-peritiwa monumental yang akan terjadi. Saat ramalan-ramalan palsu itu tidak tergenapi, mereka menggantinya dengan merusak iman Kristen. Banyak orang Kristen akhirnya kehilangan imannya. Penulis buku ini, menasihati supaya memastikan segalas sesuatu tentang kebenaran dengan memperhatikan petunjuk Maria. Ini bukanlah buku tentang penampakan Maria, walaupun di dalamnya mudah dijumpai tentangnya. Buku ini lebih mengarah pada pertemuran Naga melawan Sang Perempuan dan Gereja Katolik. Sang Perempuan itu tak lain adalah Maria. Naga adalah setan. Pertempuran itu terjadi melalui tanda yang ditampakkan Maria melalui penampakannya seperti yang digambarkan dalam Wahyu bab 12. Melalui penelitian dan penyusunan dokumentasi yang sangat teliti, penulis menyajikan bukti sejarah bahwa Maria sungguh-sungguh tampak di bumi. Musuhnya, si setan, nyata juga. Orang-orang beriman Kristen yang ingin menghidupi kebenaran dan peduli akan masa depan, seharusnya tidak akan melewati buku ini.

  Items
AIR DI TENGAH GURUN

Bagaikan setetes air sejuk di tengah-tengah padang gurun nan gersang, buku Tafsir Injil Yohanes hadir di tengah-tengah umat yang haus akan penyingkapan banyak tanda yang terdapat di dalam Injil keempat ini. Memang, dibandingkan dengan ketiga Injil Sinoptik, Injil Yohanes nyaris tak tersentuh. Injil ini ditulis dengan kata-kata yang terbang ke awang-awang sehingga kerap studi-studi, tafsir-tafsir yang dilakukan bukan justru membuatkan semakin jelas, tetapi justru sebaliknya, semakin sulit dan membingungkan. Dengan demikian terjadilah ironi. Sabda Allah yang seharusnya menyentuh keseharian hidup iman umat justru menjadi sesuatu yang sulit dan dijauhi karena membingungkan.Buku Tafsir Injil Yohanes ini disampaikan secara sederhana. Harapannya, supaya umat terbantu memahami pesan-pesan yang disampaikan di dalamnya. Dari ayat ke ayat, dari kisah ke kisah buku ini berusaha menampilkan maksud Penginjil dalam menyatakan kehadiran Allah dan Sabda-Nya ke tengah-tengah umat-Nya, melalui Yesus Kristus Sang Putra.Buku ini hanya menyajikan beberapa tema pokok yang terkandung dalam Injil keempat ini. Maksudnya, supaya memudahkan mengatur alur pemikiran. Kerap kali, juga ditemukan pelbagai sudut pandang berbeda mengenai tema yang sama. Oleh karena itu, harus ditegaskan pentingnya relevansi pesan dibandingkan dengan konsistensi dan kesatuan pemikiran.

  Items
MENYIBAK MISTERI BUNDA MARIA

Dua ribu tahun silam, konon, keajaiban Tuhan terjadi. Di atas langit, perempuan cantik berpakaian matahari dengan rembulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari 12 bintang yang menutupi kepalanya menampakkan diri. Paras wajah perempuan itu menyiratkan derita sebab bayi yang ada di dalam kandungannya segera lahir. Di depan perempuan itu ada seekor naga merah besar, berkepala tujuh, dan bertanduk sepuluh. Di atas kepalanya ada tujuh mahkota. Ekornya yang panjang menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Naga yang berdiri di depan perempuan itu berniat jahat menelan bayi di dalam kandungan perempuan itu. Kisah di atas, oleh sebagian orang, dianggap sebuah legenda dari sejarah perjalanan manusia.Tidak ada dalam dunia nyata, namun David Michael Lindsey – seperti yang ditunjukkan dalam buku ini – memberi argumen berbeda dari mainstream yang ada.

 
 
Items
KARISMATIK KATOLIK MENCARI IDENTITASNYA?

Suatu hari, seorang ibu yang menjadi anggota Karismatik Katolik berkata kepadaku, ”Ter, maukah bergabung dengan kelompok karismatikku”? Pada hari yang lain, seorang ibu yang baru saja kukenal berkata kepadaku, ”Ter, saya ikut kelompok karismatik katolik dan saya aktif di dalamnya. Ketika saya menjadi ketua kelompok itu, saya mulai jarang ke gereja untuk mengikuti perayaan Ekaristi. Bukan sengaja Ter, tetapi karena saya sangat sibuk dengan pelayanan”. Ibu yang ketiga pada kesempatan yang lain berkata pula,” Ter, maukah frater bergabung dengan kelompok Karismatik Katolik? Bagus lho, Ter. Dulu saya jarang ke gereja. Tetapi setelah ikut karismatik, saya semakin rajin ke gereja karena di dalam karismatik mendapat wawasan yang luas dan semakin mengetahui kekayaan serta kekhasan yang ada dalam Gereja kita”.

  Items
RINGKASAN BAB 2 DARI BUKU KUASA DALAM PENGUCAPAN SYUKUR

Karunia Keselamatan dan Hidup Kekal yang dikaruniakan oleh YESUS itu merukan hal yang mudah dan dapat diterima dengan Cuma Cuma. Kita tidak dituntut untuk harus pandai atau baik tetapi Anda HANYA dapat menerima kalau Anda memang menghendaki hal itu jadi milik Anda. Allah adalah kasih. Segala sesuatu yang dibuatNya adalah PERNYATAAN dari kasihnya yang sedang bekerja. Lalu kenapa manusia menderita?

  Items
TELUR PASKAH YANG HILANG

Pesta paskah itu dilaksanakan setelah Misa Paskah anak-anak pukul delapan pagi. Dalam pesta Paskah anak-anak itu diadakan perlombaan antara lain, kuis kitab suci dan mencari telur Paskah. Dan Joni sangat ingin sekali mengikuti lomba mencari telur Paskah.

  Items
BENARKAH DIA TELAH BANGKIT?

Belum habis iman dan hati kita tersentak akibat karya fenomenal Dan Brown dengan The Da Vinci Code, muncul buku lain bertajuk The Last Gospel disertai dengan karya-karya turunannya. Rasanya, ujian iman bagi umat Kristiani tiada pernah ada habisnya. Bahkan, semakin lama semakin menohok ke pusat iman, yakni kebangkitan. Ketika kebangkitan dipertanyakan dan semakin terbukti secara empiris bahwa itu hanya "akal-akalan" belaka, maka akan runtuhlah genggaman iman Kristiani itu. Memang setelah munculnya buku-buku yang diarahkan untuk "menggoncang iman" itu, diterbitkan pula beberapa versi sanggahannya. Namun, faktanya kemunculan buku-buku kontra tersebut bukannya meredakan isu miring, namun justru membuat angka penjualan buku sumbernya semakin melesat tak terkendali.

 
 
Items
SELUBUNG KIRMIZI

Proses pengadilan yang berakhir dengan penyaliban Yesus Kristus jelas cacat hukum! Yesus adalah korban konspirasi politik antara kelompok-kelompok yang bertikai dan bersaing memperebutkan posisi. Keengganan Herodes, kebingungan Pilatus dan ambisi besar Imam-imam Kepala, menjadi tanda yang sangat jelas bahwa sebenarnya tidak ditemukan satu alasan pun yang bisa menyeret Yesus pada hukuman mati dengan disalib! Tetapi, mengapa akhirnya Yesus tetap disalibkan? Dan mengapa semua orang waktu itu terdiam melihat kejanggalan yang sangat kasat mata itu? Situasi ini jelas mengundang tanya, bukan hanya bagi kita, tetapi juga bagi Yesus sebagai manusia. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang reaksi dan situasi manusiawi Yesus, para murid dan orang-orang di sekitar-Nya saat itu, semuanya tersaji dengan gamblang di dalam buku ini. Saat-saat menjelang Paskah, seperti saat ini, menjadi saat yang tepat untuk melihat kisah yang sebenarnya terjadi dari kacamata yang lain. Percaya bukan berarti tidak boleh berpikir kritis. Buku ini membantu kita berpikir kritis terhadap aneka ajaran dan devosi Gereja yang muncul dari peristiwa sengsara dan penyaliban. Dan Anda akan diajak menguak selubung ketidaktahuan Anda selama ini.

  Items
LOURDES MEMANGGIL

Ada apa sih di Lourdes? Tahun ini, tepatnya tanggal 11 Februari 2008, Lourdes merayakan 150 tahun peristiwa imani seorang gadis desa yang miskin berusia 14 tahun ( peristiwa penampakan terhadap gadis bernama Bernadette Soubirous).Lourdes adalah sebuah kota di kaki gunung berhutang, di pegunungan Pyrenees, Perancis. Kota ini menjadi sangat terkenal setelah peristiwa penampakan tersebut. Saat ini, Lourdes merupakan salah satu pusat ziarah umat Katolik yang besar. Setiap tahun ada sekitar lima sampai enam juta peziarah yang berkunjung ke sana yang datang dari berbagai negara dan bangsa. Dan lebih dari setengahnya berasal dari luar Perancis. Dari Benua Eropa, Asia (termasuk didalamnya Indonesia), Afrika, Amerika dan Australia.Secara komersial, penduduk kota Lourdes (yang berjumlah sekitar 17.000 jiwa) sangat diuntungkan dengan keadaan tersebut. Di jalan-jalan berderet toko-toko souvenir, cinderamata dan perhiasan keagamaan.Di antara peziarah itu, ratusan ribu adalah orang-orang sakit dan penyandang cacat, yang khusuk berdoa agar disembuhkan oleh kekuatan gaib air dari mata air di Lourdes. Banyak pernyataan kesembuhan yang mengherankan.Gereja mendirikan Biro Medis di kota itu, melakukan pemeriksaan dan kajian awal dari penyembuhan-penmyembuhan yang sulit dijelaskan. Beberapa kasus diserahkan ke Komite Medis International yang akan memberikan masukan kepada uskup setempat, apakah suatu kesembuhan yang terjadi itu berpotensi Mukjizat . Namun dalam hal ini, pihak gereja sangat berhati-hati untuk menyatakan suatu kejadian sebagai mukjizat.Salah satu daya tarik dari ziarah itu adalah jenazah Santa Bernadette yang disemayamkan di Kapel, di Biara Nevers, disimpan dalam sebuah peti kaca. Jenazahnya tetap berada dalam keadaan utuh dan segar sampai sekarang.

  Items
SELILIT SANG NABI

Bagaimana jika Anda diminta keluar dari pekerjaan mapan Anda, menjual seluruh harta, membagikannya sebagian kepada istri dan anak-anak Anda secara adil, kekayaan yang tersisa dibagikan kepada orang lain di jalanan, pergi meninggalkan keluarga, dan akhirnya menyerahkan sepenuhnya hidup Anda untuk gereja? Atau di gereja yang baru, Anda harus meyakini bahwa Yesus Kristus tidak memiliki keilahian namun hanya manusia luar biasa seperti Superman?Itulah dua ajaran agama yang umu disebut “bida ah”, yaitu Valdesian dan Monoenergisme. Stigma bida ah alias ajaran sesat atau sekte dan bahkan Si Bloon menjadi minoritas dihadapan mayoritas yang mapan dan berpengaruh. Romo Eddy Kristiyanto,OFM menganalogikannya sebagai Selilit Sang Nabi.Selilit merupakan sisa makanan yang menyelip (misalnya daging) di sela-sela gigi. Sang Nabi diklaim sebagai yang besar, berkuasa, mapan, dan berpengaruh, yaitu Gereja Katolik, dengan selilitnya berupa bida ah-bida ah tersebut. Tentu para selilit ini akan membuat gundah mulut Sang Nabi dalam pewartaannya sehingga harus dicungkil keluar.Buku setebal 178 halaman (termasuk referensi) memuat 38 bida ah yang diklasifikasikan dalam 6 wadah besar.

  Items
SAINGAN TERBERAT TV

Suatu pagi saat menemani anak nonton film kartun kegemaran mereka di televisi (TV), saya terperangah. Saat jeda, muncul iklan obat kuat pria. Walah! Untunglah ada remote control. Untung pula anak-anak masih balita sehingga mereka tidak mengajukan pertanyaan macam-macam (hal 51).Dalam salah satu tulisannya, penulis menyoroti masalah pertelevisian yang meresahkannya. Begitu banyak informasi (untuk orang dewasa) yang belum pantas disaksikan oleh anak-anak, sehingga ia membatasi dan menyaring acara TV yang boleh ditonton oleh putra-putrinya. Biasanya ia menggantinya dengan film-film dari VCD atau DVD yang sudah jelas ceritanya. Seringkali pula ia pun membimbing dan menemani mereka menonton.

 
 
Items
DARI PENGANTAR SERI KADO PERKAWINAN – OLEH PATER DR. PAUL KLEIN SVD

Dalam amanat-amanatnya tahun 1995 baik kepada para Uskup se-Afrika maupun kepada para Uskup Ketua Komisi Keluarga se-Asia, Paus Yohanes Paulus II telah mengatakan, “Keluarga Kristiani adalah jantung evangelisasi baru… Injil Yesus Kristus harus diwartakan dengan gairah dan kekuatan yang baru dalam dan dari keluarga.”Sebenarnya Pastoral Gereja sudah selalu memberi perhatian kepada keluarga, bahkan sudah sejak zaman para rasul. Namun mulai dengan zaman liberalisme (abad ke-19) dan sekularisme (abad ke-20 sampai saat ini) Gereja mengalami tantangan-tantangan besar yang juga tidak berhenti terhadap keluarga tradisional Kristiani. Akibat-akibatnya sudah terkenal, seperti kemerosotan nilai-nilai kehidupan keluarga yang nampak dalam kurangnya pemahaman akan sakramentalitas perkawinan (yang disebut oleh St. Paulus: “rahasia ini besar”, Ef 5:32), bertambahnya perkawinan campur, hilangnya suasana religius dalam keluarga (kurang berdoa bersama, kurang membaca Kitab Suci, kurang aktif dalam hidup menggereja di lingkungan maupun paroki, kurangnya mutu pendidikan iman dan agama), seringnya kasus perselingkuhan dan perceraian, broken families, single parents, dan masih banyak masalah lain

  Items
ORANG PAPUA PULANG KAMPUNG

Kaka Bas Pulang Kampong, demikian tertulis pada sebuah papan besar dengan foto Pak Bas yang berdiri tegak di pinggir jalan raya di kampong Harapan,Sentani, Papua. Tulisan itu dibuat oleh tim kampanye Bas Suebu beberapa waktu lalu saat kampanye pemilihan Gubernur di Papua. Pak Bas yang sudah lama merantau ke Jakarta dan Mexico sebagai Duta Besar RI akan pulang kampong. Kembali ke Papua layaknya orang yang pulang Kampong.Pa Bas akan pulang Kampong dengan membawa pembaharuan yang berarti bagi rakyat Papua.

  Items
YANG MENARIK DI HALAMAN 36-37

Perjalanan sejarah Gereja sudah mencatat adanya begitu banyak gerakan pembaruan. Dalam hidup Gereja sekarang pun terdapat berbagai kelompok yang merupakan manisfestasi dari perkembangan gerakan-gerakan itu. Misalnya adalah Gerakan Imam Maria dan Legio Maria.

  Items
SAINGAN TERBERAT TV

Suatu pagi saat menemani anak nonton film kartun kegemaran mereka di televisi (TV), saya terperangah. Saat jeda, muncul iklan obat kuat pria. Walah! Untunglah ada remote control. Untung pula anak-anak masih balita sehingga mereka tidak mengajukan pertanyaan macam-macam (hal 51).Dalam salah satu tulisannya, penulis menyoroti masalah pertelevisian yang meresahkannya. Begitu banyak informasi (untuk orang dewasa) yang belum pantas disaksikan oleh anak-anak, sehingga ia membatasi dan menyaring acara TV yang boleh ditonton oleh putra-putrinya. Biasanya ia menggantinya dengan film-film dari VCD atau DVD yang sudah jelas ceritanya. Seringkali pula ia pun membimbing dan menemani mereka menonton.

 
 
Items
APA KABAR KANG JE?

Adalah sebuah potret kehidupan Siapapun yang sungguh berdoa Memandang hidup dengan laku kebijaksanaan Dunia dijadikannya Surga.Demikian petikan yang diambil dari tulisan rohaniwan YB Rasaryanto, OSC yang menghantar buku berjudul Apa Kabar Kang Je ini?Dalam prakatanya, penulis menceritakan bahwa sejak kecil ia sudah diajarkan bercakap-cakap dengan Kang Je oleh kedua orangtuanya. Sejak awal membuka mata hingga malam mengantarkan tubuhnya ke peraduan. Bahkan dalam setiap detiknya yang terkadang datang menyelinap.

  Items
YESUS : DULU DAN SEKARANG

Siapa yang ditemukan Yesus? Para pencuri dan pelacur. Ia berharap untuk mendapatkan yang paling rendah; Ia berharap menolong orang kusta untuk berdoa bagi diri mereka sendiri. Mereka tidak perlu pergi kepada ahli Taurat dan orang Farisi, dan juga membawa domba atau syikal emas dan memohon, “Bersediakah anda berdoa untuk saya?” Yesus berkata, ”Jika anda ingin berbicara kepada Allah, engkau dapat berbicara gratis: sebutkan nama-Ku – engkau tersambung, silahkan.” Patty Smith – Penyair Amerika Utara.

  Items
A CATHOLIC GUIDE TO THE BIBLE

Berikut adalah salah satu pertanyaan yang akan diajukan Allah pada saat Penghakiman Terakhir, “Sejauh mana Anda menyukai buku-Ku?” Buku milik Allah adalah Kitab Suci, yang harus kita baca dan hayati sebagai pedoman hidup.Namun, tidak dapat disangkal, begitu kita membuka Kitab Suci, kita akan dihadapkan pada kenyataan bahwa Kitab Suci adalah buku yang sulit untuk dimengerti. Banyak orang berusaha untuk memahami Kitab Suci dengan cara membaca dari awal (Kitab Kejadian) sampai akhir (Kitab Wahyu). Namun, di sana mereka akan dihadang oleh bab-bab yang sulit, halaman-halaman yang berisi nama-nama dan angka-angka, gaya penulisan yang tidak lazim, serta tebalnya Kitab Suci itu sendiri.

  Items
PRIA IMPIAN, SIAPA TAKUT?

Penulis buku ini, Wolfgang Bock, SJ, seorang rektor asrama mahasiswa Tauboria, memiliki gambaran tersendiri tentang kaum pria sejati. Pria sebagai Wildman, pejuang, penyembuh, nabi, raja, dan pengasih. Namun pertama-tama penulis menggali terlebih dahulu gambaran dasar perkembangan pribadi yang dalam ilmu psikologi dikenal dengan arketipe . Istilah ini mengandung makna mendalam sebagai daya pendorong untuk melindungi diri atau mencapai perwujudan diri. Daya ini sudah ada dalam diri setiap pria di manapun dia lahir dan hidup. Sambil bertumbuh semakin dewasa, kekuatan itu menjadi semakin matang.

 
 
Items
KISAH YUNUS, INSPIRATIF

Kisah Nabi Yunus kiranya sudah sedemikian akrab di telinga kita. Perjalanan hidup Yunus memang unik menjadi kisah yang memang inspiratif. Dalam Kitab Suci, kehidupan Yunus diceritakan secara dramatis. Dinamika panggilan hidup Yunus sebagai nabi dipanggil Allah untuk bernubuat, menarik untuk secara berulang-ulang dibaca dan direnungkan. Tidak berhenti pada kisah Yunus saja, tetapi di balik kisah antik itu, bekerjalah tangan kasih Allah atas hidup manusia. Kisah Allah yang tanpa batas itulah sangat penting untuk selalu kita sadari.

  Items
BISIKAN DARI SURGA

Ada apa dengan mimpi? Orang sering menganggap, mimpi itu sekadar kembange wong turu (bunga orang tidur). Dari kaca mata psikolog, mimpi terkadang ditengarai sebagai obsesi seseorang yang belum terwujud. Atau, keinginan-keinginan bawah sadar yang memang muncul pada saat seseorang sedang tidur.Pastor Wolfgang berusaha membongkar rahasia mimpi, bukan hanya dari kaca mata budaya dan tradisi masyarakat tertentu, tetapi lebih dari sudut ilmiah dan teologi, sesuai dengan disiplin ilmu yang ia geluti.

  Items
KUASA PENYEMBUHAN DOA

Orang zaman sekarang ini dihadapkan pada aneka penyakit. Cara menghadapi penyakit juga beraneka macam. Sebagai orang kristiani, apa yang dapat kita lakukan bilamana berhadapan dengan sakit penyakit? Itulah yang diuraikan Bridget Mary Meehan,SSFC dalam bukunya, Kuasa Penyembuhan Doa.

  Items
SAKRAMEN ITU MENYEMBUHKAN

Pertanyaannya, apakah kita hanya cukup mengetahui makna sakramen-sakramen itu? Apakah ada keinginan dalam diri kita untuk secara lebih dalam mengetahui makna sakramen-sakramen dalam kehidupan beriman kita? Apakah dalam diri kita muncul suatu harapan untuk dapat merasakan daya penyembuhan dari sakramen-sakramen itu? Pertanyaan-pertanyaan itu tentu akan mendapatkan beraneka jawaban. Barangkaliyang lebih pasti adalah setiap dari kita ingin mendapatkan penyembuhan. Siapa sih yang tidak ingin sehat dalam hidup beriman?

 
 
Items
FRANKLIN MEMBERIKAN CONTOH TANPA MENDIKTE

Tahun-tahun terakhir ini khalayak ramai membicarakan pentingnya kecerdasan emosional, dan tidak lagi semata-mata bersandar pada kecerdasan intelegensi. Menanggapi hal ini, para orang tua pun sibuk mencari tahu bagaimana mendidik anak agar memiliki kecerdasan emosional yang baik.

  Items
SEJARAH ROSARIO

Kata Rosario berasal dari bahasa latin , rosarium (dari akar kata Latin, rosa = bunga mawar), yang berarti karangan bunga mawar. Dalam Yes 11: 1 suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Tunas yaitu keturunan baru dari Isai dan Taruk itu melambangan Maria. Buah melambangkan Yesus yang lahir dari Maria

  Items
MEMAHAMI MEDALI AJAIB

Medali ini hendak memberitakan misteri karya penyelamatan Allah yang terlaksana berkat cinta kasih tulus dari Yesus dan Maria.Lambang Hati Kudus Yesus yang dimahkotai duri dan Hati Kudus Maria yang ditembusi pedang ingin mengatakan bahwa mereka benar-benar menderita bahkan hingga akhir detik hidup mereka.

  Items
BELAJAR DARI SCOTT DAN KIMBERLY

Ada kesan orang Katolik tidak semilitan, tidak memahami Alkitab sebaik orang Protestan. Mengapa demikian? Benarkan ajaran Katolik kurang alkitabiah?Buku ini secara menarik menunjukkan begitu alkitabiah dan meyakinkannya dogma-dogma Katolik.Di Amerika termasuk bestseller. Ditulis oleh pasutri Scott dan Kimberly. Lewat buku ini mereka men-sharing-kan kehidupan dan pergulatan hebat mereka berpindah dari Gereja Presbyterian ke Katolik Roma.

 
 
Items
MENJUNJUNG TINGGI KEBENARAN

Pada mulanya adalah buku The Da Vinci Code (TDVC) karangan Dan Brown yang laris manis. Sesudah dicetak bulan April 2003, dalam waktu singkat menjadi buku bestseller di Amerika. Berbagai koran dan majalah terkemuka AS heboh mengulas TDVC. Hingga hari ini TDVC sudah diterjemahkan ke lebih dari empat puluh bahasa. Termasuk bahasa Indonesia. Edisi Indonesianya dicetak ulang lebih dari dua belas kali hanya dalam waktu kurang dari setahun. Situs TDVC, website pengarang dan distributornya dibanjiri email yang memuji-muji buku ini. Pengarangnya, yang sebelumnya biasa-biasa saja, melejit menjadi amat terkenal dan kaya raya. Dan Brown sering tampil di teve meladeni wawancara dan bersikokoh bahwa yang ditulisnya akurat secara historis dan berdasarkan fakta. Penjualan TDVC sukses luar biasa. Jutaan orang telah membaca dan memercayai isinya. Dan jutaan orang Kristen pun telah terpengaruh oleh TDVC dan mulai menggugat kebenaran imannya sendiri. TDVC telah berhasil membuat fenomena mencengangkan dalam dunia penerbitan.

  Items
SURGA NYATA UNTUK KITA

Buku ini tergolong istimewa karena mengemukakan banyak realitas rohani mengenai Ekaristi atau Misa Kudus. Doa-doa pribadi, nyanyian-nyanyian, sikap dan gerak badan yang kita anggap biasa dan cuma hapalan, ternyata menyingkap keyakinan Gereja mengenai hubungan antara kehidupan sehari-hari sekarang dan kehidupan nanti saat Tuhan datang kembali. Liturgi Ekaristi adalah tempat menghidupkan kembali kisah hidup Yesus Kristus. Kitab Suci tidak lagi menjadi kumpulan tulisan mati, namun menjadi kisah kehidupan di sini dan saat ini.

  Items
MARIA, BUNDA ALLAH DAN GEREJA

Sejauh mana kita mengenal Maria seturut gambaran Kitab Suci dan Ajaran Gereja? Sejauh mana kita memahami peranan Maria dalam rencana Allah?. Bagaimana sebaiknya sikap kita kepada Maria?

  Items
SPIRITUALITY @ WORK

Dalam beberapa bulan terakhir ini kita dapat membaca dan meyaksikan di media massa tentang insiden kesurupan massal yang dialami para karyawan pabrik yang umumnya berjenis kelamin wanita.

 
 
Items
BANYAK JALAN MENUJU TUHAN

Hampir saja dunia terbakar karena ucapan Paus Benediktus XVI yang dianggap menyinggung perasaan umat Islam sejagat. Untunglah para pemimpin umat Islam segera mengedepankan kearifan, memaafkan kekeliruan ucapan Paus. Kesalahpahaman tidak diubah jadi percikan api, tapi diharap jadi momentum untuk instropeksi. Paus pun segera tanggap dan segera mengundang perwakilan-perwakilan dan tokoh-tokoh Islam, lalu terjadilah dialog yang menyejukkan.Akar konflik berbau SARA terkadang muncul dikarenakan umat beragama tidak saling mengenal ajaran agama lain. Ada yang beranggapan bahwa agama yang dianutnyalah yang paling benar. Mereka memaknai adanya kebenaran yang mutlak , sementara di luar kemutlakan seolah tidak ada lagi kebenaran. Sikap fanatis sering muncul karena tidak mau mengerti keberadaan umat yang punya keyakinan lain.

  Items
MARIA MAGDALENA DAN AUGUSTINUS ; SEX ITU INDAH

Augustinus dan Maria Magdalena atau Maria dari Magdala dapat menjadi pembimbing yang sangat baik untuk orang kristiani dewasa ini yang berusaha menjadi orang yang sungguh mengasihi Allah dan sesama. Kedua orang kudus itu mempunyai bakat istimewa untuk memberi dan menerima karunia persahabatan.

  Items
PAK GURU TULUS,PERGULATAN MENCARI MAKNA KEHIDUPAN

Menemukan Tuhan dalam Hidup Sehari-hari

  Items
SABDA TUHAN PENUH DAYA

Mengapa Yusuf harus menyingkir ke Mesir bersama Maria dan Yesus kecil?

 
 
Items
MENJADI KRISTEN YANG SEJATI SEKALIGUS KRITIS

Membaca judul buku ini sekilas memang terkesan provokatif. Kekristenan digugat? Apanya dan kenapa? Ternyata, karena kekristenan selama ini dianggap arogan. Jadi, buku ini bertujuan mengkritisinya, agar kekristenan tak pernah merasa sudah sempurna, agar kekristenan selalu bergerak – ke arah yang semakin ramah. Tapi, mengapa pula kekristenan dinilai arogan? Umatnyakah yang arogan atau ajarannya? Buku ini, pada intinya, hendak membuka mata kita akan fakta di dalam kehidupan dunia ini yang tak mungkin dipungkiri, bahwa agama-agama begitu banyaknya

  Items
BERGURU PADA HUKUM ALAM

Masih ingat lagu yang sangat populer di kalangan Pramuka, atau murid-murid SD? Meski lagu itu untuk mengiringi upacara perpisahan, namun nadanya gembira. Tidak ada kesan sedih meski ada kalanya airmata menetes juga saat menyanyikan lagu itu. Syairnya antara lain: Sayonara, sayonara, sampai berjumpa pula. Buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya! Susah dan senang ibaratnya siang dan malam bagi kehidupan manusia. Siapa pun orangnya pernah merasakan hal itu. Tetapi tidak semua bisa memahami dan menerima hukum alam tersebut.

  Items
150 KISAH JENAKA DALAM ALKITAB

Banyak buku di pasaran yang berisikan kisah-kisah petualangan, komedi, dan kisah pembunuhan atau tindak kejahatan dan yang lainnya. Baik kisah itu nyata maupun hanya fiksi belaka, namun ternyata banyak orang terus mencari dan membacanya, entah itu untuk sekedar mengisi waktu senggang dan refreshing atau untuk menambah wawasan. Dan kisah-kisah seperti itu tidak hanya dapat kita jumpai dalam novel atau buku cerita yang lain, ternyata dalam Kitab Suci pun terdapat sekian banyak cerita lucu.

  Items
APAKAH MASUK AKAL MASIH PERCAYA KEPADA TUHAN ?

Sebuah pertanyaan yang menarik dan cukup menyentak keberimanan kita di era modernitas seperti sekarang ini. Eksistensialitas Tuhan sebagai Yang Maha Ada agaknya diragukan oleh manusia pada abad ke-21 ini. Bahkan beberapa filosof terkenal, seperti Nicolaus Cusanus, Descartes, Pascal, Spinoza, Leibniz, Kant, Schleiermacher, Schelling, dan Hegel, mempertanyakan keberadaan Tuhan.

 
 
Items
SENI MERANGKAI BUNGA ALTAR

Bunga adalah anugerah indah dari Sang Pencipta. Bunga dapat menjadi ungkapan rasa cinta. Bunga mampu menyegarkan suasana hati yang tengah dirundung duka. Bunga juga dapat menciptakan ruangan dengan asri. Bahkan, bunga mampu mendukung disposisi batin kita dalam doa. Dan masih banyak manfaat dan berkah yang dapat dinikmati dari bunga. Bahkan, Yesus sendiri memuji bunga di dalam pengajarannya. “Perhatikanlah bunga Bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal. Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu,” 9Mat 6:28-29).

  Items
BUKAN MENJADI TUHAN

Mengapa Allah menjelma menjadi manusia biasa, awam, tukang kayu, bukan sebagai imam, rahib atau ahli? Mengapa Kitab Suci memberitakan bahwa Yesus menggunakan hal-hal sehari-hari (tukang kayu, petani, penabur benih, penjala ikan, dan sebagainya) untuk mengungkapkan kedalaman misteri ilahi? Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin mudah kita jawab.

  Items
KISAH PARA RASUL

Sebagai bacaan dalam Perayaan Ekaristi sebagai Ibadat Sabda, Kisah Para Rasul biasanya ditempatkan pada Bacaan I atau Bacaan II, sebelum Injil. Karena itu jarang sekali kisah itu dibicarakan atau direfleksikan secara panjang lebar dalam homili. Pada umumnya, imam atau pemimpin ibadat fokus pada bacaan injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes). Apabila disinggung dan dikaitkan dengan Injil, porsi Kisah Para Rasul hanya sedikit

  Items
APA YANG TERJADI DALAM DOA

Tidaklah mudah untuk duduk dihadapan Tuhan. Kadang ......

 
 
Items
LUKAS, PELUKIS HIDUP YESUS

Dalam Injil itu ditampilkan “sebuah album foto” tentang Yesus, mulai dari kelahiran sampai dengan terangkat ke Surga.

  Items
POPE JOHN XXIII, IN MY OWN WORDS

Inspirator dari Bergamo - Pribadi yang hangat, ketulusan dan kesuciannya membuat Paus Yohanes 23 memperoleh banyak julukan.Diantarnya.....

 
 
 
 
 
  back to top